Melatih Anak Terampil dalam Menulis

Melatih Anak Terampil dalam Menulis

Melatih Anak Terampil dalam Menulis

regusrl.com – Belajar menulis bagi anak usia dini memang bukan hal mudah, sama seperti belajar membaca. Tapi, kemampuan menulis ini nantinya akan sangat menunjang kegiatan belajar sih kecil saat di sekolah. Jan Z Olsen adalah pencetus program dan penulis buku Handwriting Without Tears, mengatakan bahwasannya anak yang bisa tulis dengan baik mempunyai kelebihan dalam mengekspresikan pendapatnya di atas kertas. Untuk itulah, kemampuan pra tulis ini harus dibimbing dan juga dikembangkan supaya dia siap pada saat masu pre school. Bila tak diasah sejak dini, maka saat dituntut untuk bisa nulis, anak Anda akan merasa frustasi, bahkan enggan belajar. Sehingga akibatnya kepercayaan dirinya turun serta performa akademisnya pun juga tersendat.

Melatih Anak Terampil dalam Menulis

Ini latihan agar anak terampil menulis

Memegang alat tulis yang baik

Untuk bisa kembangkan kemampuan menulis sih kecil, terlebih dulu sih kecil harus bisa memegang alat tulisnya dengan baik. sebagai awal, Anda dapat memberikan alat tulis dengan diameter besar, seperti krayon dan bantulah dia menggenggam dengan baik. bila sudah menguasai, maka Anda bisa mengganti dengan pensil.

Menggambar

Apabila sih kecil sudah dapat menggenggam alat tulisnya dengan baik, maka Anda dapat melanjutkan ke tahapan berikut, yakni menggambar. Sediakan saja kertas kosong, lalu arahkan jemarinya untuk membuat banyak coretan. Di usia dini, menggambar tidak menampilkan bentuk representative. Gamabrnya seringkali berupa goresan garis lingkaran, tunggal, atau benang kusut.

Mewarnai

Selain bisa mempertajam kemampuan pra tulis sih kecil, mewarnai gambar ini juga bisa jadi media kreatifnya. Siapkan saja buku mewarnai dengan banyak objek gambar dan alat mewarnai, seperti halnya krayon atau pun pensil warna. Biarkan saja dia berekplorasi dengan banyak warna pilihannya.

Menirukan bentuk

Perhatikan pada anak berbagai bentuk, seperti garis, lingkaran, horizontal, vertical, dan cara pembuatannya. Minta dia membuat kembali bentuk tersebut.

Menjimplak

Ajak sih kecil menjiplak bentuk dari sebuah benda di sekitarnya, seperti tutup botol, piring, telapak tangan, gelas, kotak, dan lain sebagainya. Menjiplak ini nantinya akan melatih keterampilan motorik halusnya, yang berguna sekali untuk menulis dan juga menggambar.

Dot to dot

dosenpendidikan.com Dot to dot atau pun menyambung titik merupakan salah satu kegiatan atau aktifitas yang harus dilatih sejak dini. Cara mudahnya adalah gambar dua titik pendek dan minta anak Anda untuk menyambungkannya. Untuk pilihan yang lebih beragam, Anda bisa belikan buku khusus menyambungkan titik di toko terdekat.

Labirin

Labirin merupakan puzzle dalam bentuk jalan yang bercabang, berliku, dan juga buntu. Mengajak anak untuk memecahkan gambar labirin ini bisa melatih syaraf motoriknya di dalam memegang alat tulis dn asah kemampuan pra tulis, pemecahan masalah serta berkonsentrasi.

Demikian cara melatih anak terampil dalam menulis yang bisa kami informasikan. Semoga saja bisa bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya tentang desain rumah :