Melatih Sih Kecil Menghargai Perbedaan Fisik

Melatih Sih Kecil Menghargai Perbedaan Fisik

Melatih Sih Kecil Menghargai Perbedaan Fisik

regusrl.com – Bunda, apa Anda sudah pernah bawa sih kecil ke suatu tempat dan saat Anda mendatangi tempat tersebut juga ada seorang kerabat, teman, atau pun saudara Anda yang mempunyai keterbatasan fisik. Lantas, bagaimana reaksi sih kecil pada saat melihat perbedaan fisik dirinya dan orang yang dia lihat?

Melatih Sih Kecil Menghargai Perbedaan Fisik

Ya, sudah sangat sering sekali pada saat tidak sengaja pada saat sih kecil dipertemukan atau pun bertemu dengan seseorang dengan keterbatasan fisik, mereka akan memberi respon spotan dengan cara memberikan opini yang sangat mengejutkan. Yang mana terkadang opini satu ini dilontarkannya dengan nada yang lantang dan juga blak-blakan, sehingga tak jarang membuat Anda sebagai orangtuanya merasa tidak enak hati dengan orang tersebut.

Namanya juga masih anak-anak, kepolosannya sewaktu mendapat sesuatu hal yang baru, termasuk ketika menjumpai orang-orang dengan perbedaan fisik dengannya, maka akan secara spontan mereka memberi respon tanpa beban dengan tanpa pertimbangan apa yang telah mereka ucapkan.

Dan yang demikian ini pastinya sangat wajar sekali ya bund, apabila mengingat pengetahuan anak-anak yang masih sangat terbatas. Selain hal tersebut, anak-anak juga masih belum bisa mempertimbangkan perbuatan dan juga perkataannya sebagai salah satu yang yang buruk dan dapat menyakiti perasaan orang lain. Untuk itu, peranan orangtua akan sangat dibutuhkan di sini.

Yang mana sebagai orangtua yang baik, sudah tugas Anda untuk dapat mendidik dan juga memanage sikap anak-anak supaya nanti pada saat mereka dihadapkan dengan lingkungannya, maka anak-anak masih bisa memilah mana yang boleh dan juga mana yang tidak boleh dilakukan.

Cara melatih sih kecil menghargai perbedaan fisik

Seperti yang telah Anda tahu, bahwasannya mengajarkan atau pun melatih sih kecil bisa menghargai perbedaan fisik ini tak cukup mudah untuk dilakukan. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menanamkan sejak dini mengenai keagungan Tuhan. Ya, membiasakan anak-anak kenal dan tahu Tuhan mereka adalah salah satu pelajaran yang paling penting dilakukan sejak usia dini. Begitu pun saat anak-anak mulai paham dan membandingkan terjadinya perbedaan fisik yang sedang mereka lihat.

Anda bisa menjelaskan pada anak, bahwasannya Tuhan yang Maha Agung telah ciptakan manusia dengan berbagai macam kelebihan dan kekurangan. Beritahu juga pada anak Anda, bahwasannya setiap manusia diberi kekurangannya masing-masing dan diberkahi dengan kelebihan di dalam kehidupannya. Yang mana, kekurangan tersebut juga harus tetap disyukuri dan menerima kelebihan sebagai karunia dari Tuhan.

Begitu pun saat anak lihat seseorang yang kehilangan kaki dan tidak bisa berjalan. Mereka mungkin saja akan langsung bertanya pada Anda. Nah, di sini Anda dapat memberi arahan pada anak bahwasannya walaupun orang tersebut tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya, akan tetapi dia mahir menggunakan kakinya untuk lakukan banyak hal menggunakan tangannya. Walaupun Tuhan ambil kakinya, tapi Tuhan menggantinya dengan kedua tangan utuh. Di sini juga anak harus diajarkan bagaimana cara bersyukur.

gurupendidikan.com Hikma lainnya yang dapat diajarkan pada anak sewaktu melihat sendiri perbedaan fisik orang lain adalah mengajarkan anak bersyukur dengan kondisi yang dia miliki sekarang. Buatlah anak Anda paham dia masih jauh lebih beruntung diberi kesempurnaan oleh Tuhan dan juga diberi kemampuan untuk lakukan banyak hal dengan tubuh yang utuh. Sehingga anak juga akan memiliki rasa empati untuk saling membantu dengan orang lain.

Demikianlah cara melatih sih kecil menghargai perbedaan fisik yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya tentang desain rumah :