Pengertian Teori Komunikasi Dan Macamnya

regusrl.com – Komunikasi di zaman ini semakin berkembang dan semakin canggih saja, tetapi banyak yang tak mengetahui komunikasi. Jika bicara soal komunikasi dasarnya sangatlah dibutuhkan pada saat menerapkan suatu komunikasi, baik itu komunikasi intrapersonal ataupun komunikasi massa, karena kegunaan komunikasi sebagai alat penjelas dan pemberi informasi terhadap objek-objek komunikasi supaya para komunikan bisa menyerap dengan baik apa yang disampaikan oleh komunikator, adapun yang sangat diperlukan dalam berkomunikasi yang termasuk dalam penerapan teori komunikasi adalah komunikator, media, pesan, pemirsa hingga Feedback (umpan balik).

pengertian-teori-komunikasi-dan-macamnya

Dari seluruh element komunikasi yang paling mempunyai banyak peranan, atau yang sangat berperan penting dalam proses berkomunikasi yaitu seorang komunikator. Jika seorang komunikator handal maka umpan baliknya pun akan tercapai dengan baik. Yang terpenting dalam teori komunikasi adalah bagaimana seseorang itu bisa membangun komunikasi dengan baik dan jelas.

Berikut ini merupakan beberapa pengertian Teori Komunikasi Menurut Para Ahli:

– Ada banyak sekali pakar atau ahli ilmu dalam bidang komunikasi yang menerangkan tentang teori komunikasi, dan diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Menurut Borman, 1989
Teori komunikasi merupakan perkataan atau suatu istilah yang merupakan paying untuk semua perbincangan serta analisis yang dibuat secara hati-hati, sistematik dan sadar tentang komunikasi www.seputarpendidikan.com

b. Menurut Littlejohn, 1996
Teori komunikasi merupakan teori atau sekumpulan dari pemikiran kolektif yang didapati dari keseluruhan teori dan terutamanya yang berkaitan dengan proses komunikasi.

c. Menurut Cragan & Shields, 1998
Teori Komunikasi merupakan hubungan antara konsep teoretikal yang dapat membantu untuk memberi secara keseluruhan atau sebagian, keterangan, penjelasan, penerangan, penilaian atau juga ramalan dari tindakan manusia yang berdasarkan komunikator yang berkomunikasi (bercakap, menulis, membaca, mendengar, menonton dan sebagainya) pada jangka waktu atau masa tertentu melalui media (alat bantu).

d. Menurut Hendri Ma’ruf
Teori komunikasi merupakan landasan dalam keberhasilan strategi promosi yang dilakukan peritel, yang termasuk oleh jenis perusahaan lain diindustri apa saja. Teori ini juga menjelaskan siapa yang mengirim pesan, apa dan dengan cara apa, serta kepada siapa dan bagaimana hasilnya?

e. Menurut Winda Yulia
Teori komunikasi merupakan komunikasi yang mengacu dalam proses pertukaran pesan serta sinyal diantara aktor-aktor sosial, dan sebagai suatu elemen penting dalam konstruksi arti serta persepsi, yang merupakan kepedulian sentral dalam model tersebut.

f. Menurut Saodah Binti Wok Awang & Narimah Binti Ismail
Teori komunikasi merupakan teori yang dipergunakan untuk menerangkan, menjelaskan, menilai, membuat ramalan demi untuk memahami fenomena komunikasi.

– Menjelaskan tentang teori komunikasi tentulah tidak lengkap jika kita tak menjelaskan pula macam-macam dari teori komunikasi itu. Karena sejak teori komunikasi ini muncul banyak pula orang yang mengutarakan pendapat, dan dibagi menjadi berbagai macam-macam teori komunikasi.

Dan dibawah ini merupakan sebagian dari banyak tentang macam-macam teori komunikasi, yaitu sebagai berikut:

1. Teori Behaviorisme
Jhon B.Watson (1878-1958) ia merupakan ilmuwan dalam bidang komunikasi yang mendukung teori ini, di Amerika ia disebut dengan sebutan bapak behaviorisme, teori ini sendiri menerangkan bahwa dari semua perilaku, yang termasuk tindak balasan atau juga yang dikenal dengan respon diakibatkan dari adanya rangsangan (stimulus). Maka dari pernyataan tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa apabila suatu rangsangan telah diamati serta telah diketahui maka respon dari seseorang tersebut akan mudah dan bisa diprediksikan, serta setiap prilaku bisa dipelajari melalui hubungan stimulus dan juga respon.

2. Teori Informasi
Teori ini merupakan karya dari Claude Shannon dan Warren Weaver (1949). Teori ini merupakan sebagian dari teori komunikasi yang klasik, adapun pada teori ini dijelaskan bahwa komunikasi itu ialah sebagai transmisi pesan dan bagaimana transmiter menggunakan saluran serta media dalam berkomunikasi. Pada dalam teori ini pula, menitik beratkan pada saluran atau media yang dipergunakan oleh transmitter jika sinyal dalam media ini tidak baik maka proses dalam komunikasi tersebut tidak akan lancar begitu juga sebaliknya.

3. Teori Agenda Setting
Teori ini hampir serupa dengan teori informasi, hal ini karena pada teori ini sama-sama bergantung pada media, teori ini sendiri diperkenalkan oleh MC Combs & DL Shaw (1972). Teori ini berargumen bahwa media itu sangat memberi tekanan kepada suatu kejadian, dan dari kejadian tersebut media mengangkat peristiwa yang bisa mempengaruhi masyarakat agar menganggap peristiwa tersebut penting. Jadi dapat disimpulkan jika apa yang dianggap penting oleh media, maka penting pula bagi masyarakat.

Baca Lainnya: