Sekolah Akan Libur Hari Sabtu Dan Minggu?

Apakah benar Sekolah Akan Libur Hari Sabtu Dan Minggu?

Regusrl.Com –  Indonesia Negara dengan sistem dan kurikulum pendidikan yang selalu diubah – ubah. Ya, setidaknya itu adalah salah satu wajah pendidikan Indonesia di mata masyarakat umum.  Dan memang perubahan itu ternyata akan kembali hadir mewarnai wajah pendidikan Indonesia.

Tak hanya soal kurikulum yang kabarnya akan melakukan kurikulum 2013 dengan revisi pendidikan yang komplementif, nantinya sistem pendidikan di Indonesia juga akan tersentuh dengan pembaharuan. Salah satunya adalah soal jadwal pendidikan. Seimbang dengan kerja dinas, pendidikan di Indonesia akan dibuat libur di hari sabtu dan minggu. Tentu ada pro dan kontra juga tentang hal ini. Ada yang berpikir positif karena dengan begitu hari untuk keluarga jadi sabtu dan minggu sehingga jauh lebih panjang. Akan tetapi ada juga yang menanggapi negatif karena takutnya kalau liburnya terlalu banyak pendidikan karakter tidak akan maksimal seperti sebelumnya. Lalu seperti apa tanggapan menteri pendidikan mengenai hal ini? Langsung saja kita simak informasi lengkapnya berikut di www.bahasainggrisoke.com 

Sistem Sekolah Libur Hari Sabtu Minggu

Muhadjir Effendy sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan memang telah mengambil kebijakan untuk meliburkan sekolah intens di hari sabtu dan minggu seperti liburnya kedinasan. Hal ini kabarnya untuk menunjang supaya program pendidikan berkarakter yang digagas oleh Presiden Joko Widodo akan sukses dan berhasil.

Muhadjir berujar “Nantinya hari sabtu dan juga minggu kita liburkan. Alasannya karena program pendidikan karakter itu waktunya cukup panjang bagi murid dan guru di hari Senin sampai dengan jumat dan nantinya hari minggu adalah hari keluarga bagi siswa”.

Muhadjir turut mengungkapkan bahwa nantinya pembelajaran di sekolah akan menggunakan sistem yang disebut CBSA. Apakah sistem CBSA? Sistem ini dilakukan agar dapat memaksimalkan potensi yang ada pada siswa dan mengurangi cara belajar yang lebih banyak ceramah.

Muhadjir berpendapat “Guru sekarang itu terlalu menikmati cara mengajar mereka dengan metode ceramah, padahal banyak metode lain yang dapat digunakan selain ceramah”.

Muhadjir turut menambahkan bahwa salah satu metode mengajar yang dapat diterapkan adalah dengan metode simulasi. Salah satunya adalah dengan memperagakan aktivitas pada bank. Muhadjir berucap “Disana nantinya siswa ada yang jadi manager, ada yang jadi peminjam uang. Jadi secara otomatis mereka belajar secara matematik dengan menghitung uang, ada pendidikan kejuruan, kecermatan dan berani mengambil resiko. Itu sebenarnya yang dimaksud implementasi pendidikan karakter”. Lebih lanjut Muhadjir juga akan menghapus sistem belajar LKS karena menurutnya setiap siswa punya cara berkembang sendiri – sendiri.

Demikian sedikit informasi yang dapat kami berikan tentang Sistem Sekolah Libur Hari Sabtu Minggu. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menjadi informasi yang menginspirasi Anda.

Baca Juga :