6 Tips Membuat Taman Untuk Memperindah Rumah Anda

taman rumah yang indah

6 Tips dan Cara Mudah Membuat Taman Untuk Memperindah Rumah Anda

regusrl.com – Taman merupakan penyegar untuk sebuah rumah. Tidak peduli besar atau kecil rumah yang anda miliki, dengan adanya taman tentu saja rumah Anda akan menjadi lebih teduh dan sejuk. Dari segi keindahan, adanya taman di rumah Anda juga dapat memberikan nilai tambah. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menciptakan rangkaian taman rumah di halaman rumah anda.

1. Tentukan tema taman rumah
Sebelum kita menetukan model tanaman yang dapat dibeli, anda mesti menentukan konsep taman rumah anda. Tema taman yang bisa dipilih contohnya taman dengan tema bali, jepang, paris, tropis, minimalis atau tema yang lain.

Tema yang dipilih baiknya sesuai dengan luas tempat taman. Bila luas tidak terlampau besar, baiknya dipilih tema yang lebih sederhana, contohnya tema minimalis yang sedikit detil pada desainnya. Sesudah tema ditentukan, anda bisa menentukan tanaman-tanaman, bunga atau ornamen yang lain yang memberi dukungan tema taman rumah.

2. Membuat persiapan instalasi taman serta lahan
Pada awal pembuatan taman rumah, janganlah lupa anda membuat instalasi terlebih dulu. Instalasi serta penempatan posisi listrik serta air mesti di perhatikan supaya ada pada area yang safe serta tidak mengganggu kegiatan waktu ada di taman. Instalasi listrik serta air khususnya, butuh memperoleh perhatian jika anda punya niat untuk membuat sesuatu kolam dengan pancuran air.

Yang tidak bisa ketinggalan untuk disiapkan yaitu persiapan tempat. Sebagai media tanam, tempat yang dapat jadikan taman mesti dibersihkan dari tumbuhan pengganggu atau gulma. Tanah juga butuh digemburkan serta dipupuk supaya tanaman dapat tumbuh subur.

3. Membuat harmonisasi tanaman
Supaya tampak menarik, tentukan tanaman yang beragam. Tentukan tanaman yang tidak sama ukuran, type, atau warna hingga taman tidak monoton. Warna pada tanaman dapat diperoleh dari warna bunga atau warna daunnya. Namun, mutlak untuk terus mencermati kecocokan taman supaya taman tampak rapi serta menarik. Kecocokan taman dapat tercipta dengan memastikan tanaman yang dapat ditanam serta posisinya.

Tanaman pada umumnya terbagi atas pohon yang memiliki berukuran tinggi, semak atau perdu yang berukuran lebih rendah, rumput-rumputan serta tanaman penutup tanah. Umumnya, pohon ditempatkan dibagian belakang, disusul dengan tanaman perdu lantas penanaman rumput-rumputan serta tanaman penutup tanah di bagian depan. Atau untuk desain taman terpusat, pohon ditempatkan di bagian tengah-tengah, disusul dengan tanaman perdu yang mengitarinya serta tanaman yang lebih rendah yakni rumput-rumputan dibagian terluar. Harmonisasi tanaman mutlak untuk keindahan serta kerapian taman.

4. Penentuan material taman
Taman rumah bukan sekedar terdiri dari tanaman saja. Taman yang indah butuh juga di dukung oleh benda-benda keras layaknya pot tanaman, kolam, pasir, batu-batuan, atau benda pendukung yang lain. Sisi pendukung ini dikatakan sebagai hardscape yang dapat memberikan kesan lebih didalam pada taman. Namun tanaman sendiri dikatakan sebagai softscape.

Anda butuh sesuaikan hardscape apa saja yang dapat dipakai serta seberapa banyak. Ini terkait dengan desain taman. anda juga dapat memberikan kursi taman, ayunan atau perihal lain untuk menambah kenyamanan waktu ada di taman. Sesudah memastikan jenis taman, pemakaian softscape serta hardscape dapat lebih mudah untuk ditentukan.

5. Memilih tanaman
Supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik, mesti sesuai dengan situasi serta kondisi tempat taman itu sendiri. Apakah area yang akan menjadi lahan tanaman dapat banyak terkena sinar matahari atau tidak ? Cocokkan juga dengan situasi lingkungan. Apakah rumah anda ada di tempat yang sejuk atau panas ? Bila taman dapat banyak terkena cahaya matahari, maka bisa dipilih tanaman-tanaman yang kuat pada cahaya matahari dikarenakan bila tanaman pas dapat mengakibatkan tanaman tidak berkembang atau mati. Berdasar situasi taman, anda bisa memastikan type tanaman apa saja yang dapat menghuni taman rumah anda.

6. Pencahayaan
Untuk dapat menambah keindahan taman, menambahkan pencahayaan yang baik pada taman jadi perihal yang dibutuhkan. Contohnya dengan cara memasang lampu taman. Lampu-lampu ini amat berperan saat malam hari, sehingga saat malam hari anda terus bisa nikmati keindahan taman anda dengan situasi yang romantis. Disamping itu, kehadiran lampu taman dengan beragam jenis dapat jadi aksesori pemanis taman anda.

Kehadiran taman rumah bisa jadi perihal yang mutlak, terutama di dalam isu pemanasan global. Taman bisa menolong dalam mengurangi polusi udara, kurangi panas serta menambah persediaan oksigen hingga anda bisa nikmati udara yang fresh. Bila terurus dengan baik, anda akan dimanjakan panorama yang indah di rumah sendiri. Menggunakan waktu di taman rumah anda pasti akan sangat mengasyikkan serta memberi kesegaran mata.

Demikianlah postingan kali ini tentang bagaimana cara desain taman di rumah anda agar menjadi rumah idaman yang memiliki taman paling bagus di bandingkan dengan rumah-rumah lainnya. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menemukan inspirasi dalam desain taman anda.

Baca juga artikel lainnya tentang desain rumah :