6 Tips Menata Kantor Rumahan Sesuai Budget

desain kantor di rumah

6 Tips Desain dan Cara Menata Kantor Rumahan Sesuai Budget

regusrl.com – Belakangan ini makin banyak orang yang bekerja di rumah (atau membawa pekerjaan kantornya ke rumah). Tak ayal sebuah ruangan kantor di dalam rumah sudah menjadi kebutuhan yang wajib dipenuhi. Banyak yang memodifikasi ruang tamunya untuk dijadikan kantor rumahan. Beberapa diantara mereka ada pula yang menggunakan kamar untuk disulap menjadi kantor.

Namun tidak semua orang memiliki waktu dan anggaran yang cukup besar untuk melengkapi kantor rumahan. Meski sebagian orang mampu membayar perencana ruang professional untuk mendesain langsung di rumah Anda, ternyata masih banyak cara untuk menciptakan ruang kerja yang baik di rumah tanpa harus menghabiskan banyak uang. Berikut beberapa ide untuk menginspirasi Anda:

1. Tentukan Ukuran Ruangan
Sebelum mulai menata ruangan kantor di rumah, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan ukuran ruangan. Jika Anda memiliki ruangan kosong di rumah, berarti Anda cukup beruntung karena bisa membuat kantor ruangan tersendiri. Kunci sebuah desain kantor rumah yang baik adalah memanfaatkan ruang apapun yang Anda punya. Baik ruang kosong di bawah tangga, kamar kosong atau sudut yang tidak terpakai di ruang tamu. Hasilnya pasti sangat memuaskan jika Anda bisa memfungsikan ruangan tersebut menjadi kantor rumahan.

2. Buat Rencana
Mungkin Anda akan tergoda untuk memasukkan segala sesuatu ke dalam ruang kerja di rumah. Tapi tunggu dulu! Jangan sembarangan membawa barang-barang dari luar. Hitung dulu ukuran ruangan plus tambahan furniture, baru setelah itu tentukan perangkat yang Anda ingin gunakan. Tujuannya tentu saja mengeliminir resiko terbatasnya ruang agar dapat bekerja dengan nyaman.

3. Apa Yang Bisa Anda Lakukan Sendiri?
Apapun pekerjaan yang bisa Anda lakukan sendiri selain akan menghemat uang juga menambah tingkat kepuasan. Lantaran ukuran ruang kantor di rumah mungkin tidak terlalu besar, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengecat ruangan sendiri. Dan jika Anda termasuk orang yang kreatif, memadupadankan wallpaper juga akan terasa sangat mengasyikkan.

4. Apa Yang Sudah Anda Punya?
Bisakah furniture atau aksesoris yang ada di ruangan lain di rumah Anda pindahkan ke kantor rumahan yang baru Anda desain? Jika jawabannya iya, berarti Anda akan menghemat banyak uang. Apakah Anda punya kursi yang nyaman di ruang tamu? Apakah ada lukisan yang tersimpan di lemari namun mampu member sentuhan dekoratif untuk ruang kantor Anda di rumah? Ayo, segera perhatikan sekeliling rumah dan ingat-ingat kembali pernik-pernik yang ada di dalam gudang.

5. Ada Yang Bisa Anda Buat?
Pikirkan cara lain yang dapat Anda gunakan untuk mengaplikasikan material murah untuk membuat rak, filing system dan kotak-kotak penyimpan berkas. Gunakan vas bunga mungil untuk menyimpan pensil dan gunting. Pakai rak sepatu multi-level untuk menaruh printer, berkas dan bahkan buku, jadilah kreatif !

6. Bertukar Dengan Teman
Anda memiliki pernik furniture yang sudah tidak dipakai? Atau mungkin Anda bosan dengan aksesoris di rumah? Jangan dibuang! Pertimbangkan untuk menukar benda tersebut dengan perangkat yang dimiliki teman. Bisa saja meja yang Anda anggap tidak cocok ditaruh di ruang kantor rumahan, kursi kerja yang kebesaran, atau bahkan tirai penutup jendela bergaya ala jaman kerajaan. Tingkatkan keterampilan dekorasi Anda dengan menggunakan barang-barang bekas.

Jika Anda bekerja full-time di rumah, pastikan untuk mengimplementasikan pencahayaan yang cukup  dan kursi yang nyaman. Jangan lupa untuk menambahkan musik, tanaman dan benda-benda seni yang inspiratif. Semua bertujuan untuk menambah kenyamanan karena Anda akan menghabiskan banyak waktu di dalamnya.

Baca juga artikel lainnya tentang desain rumah :