5 Tips Mendekorasi Ulang Rumah

cara Mendekorasi Ulang Rumah

Cara dan Tips Sederhana Paling Mudah Mendekorasi Ulang Rumah Dengan Biaya Hemat

regusrl.com – Seiring dengan berjalannya waktu, rumah akan tampak sedikit membosankan. Apalagi berjalannya usia rumah yang semakin tua dengan desain yang itu-itu saja membuat rumah akan terlihat ketinggalan jaman. Mendekorasi ulang rumah merupakan solusi yang tepat untuk mengembalikan energi positif pada rumah Anda. Berikut beberapa tips sederhana mendekorasi rumah Anda.

Desain
Ketika Anda berencana untuk mendekorasi ulang rumah Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah memutuskan desain apa yang akan dipakai. Desain yang dipakaipun beragam, bisa juga dengan menggunakan desain dasar yang telah dipakai sebelumnya atau merombaknya secara keseluruhan. Untuk menentukan desain juga bisa dilakukan dengan cara melihat karakteristik rumah dan elemen lain seperti taman, struktur rumah dan lainnya. Hal tersebut bisa menjadi dasar sehingga Anda tidak perlu repot mengganti seluruh isi rumah.

Inspirasi
Banyak orang salah mengartikan bahwa inspirasi datang terlebih dahulu lalu desain kemudian. Padahal sebaliknya, setelah menentukan desain yang akan digunakan barulah timbul inspirasi untuk menentukan furnitur apa saja yang dipakai, bagaimana meletakanya dan seperti apa motif dan ragamnya. Buatlah sketsa agar inspirasi atau ide yang muncul tidak terbuang begitu saja. Catat setiap ide baru kemudian realisasikan dengan bentuk gambar pada sketsa.

Recycle
Mendekor ulang rumah tidak seperti mendekor ulang diawal. Tidak semua furnitur dan barang diganti begitu saja. Apalagi bagi Anda yang memutuskan untuk tetap memakai desain lama sebagai dasar dekorasi Anda. Lihatlah sekeliling interior rumah Anda. Tentukan furnitur mana yang harus diganti dan yang tidak. Pilih beberapa furnitur yang masih layak untuk dipakai. Anda bisa memperbaiki atau dapat juga menjadikannya sebagai karya seni yang artistik asalkan Anda cermat dan teliti. Bukan tidak mungkin rumah Anda menjadi lebih unik dan menarik.

Lighting
Lighting atau pencahayaan seringkali diabaikan oleh beberapa orang dalam mendekorasi ulang rumah. Padahal elemen ini merupakan elemen penting untuk sebuah ruangan. Tidak hanya menjadi penerangan. Tetapi juga lighting atau pencahayaan juga dapat berfungsi memberikan nuansa yang berbeda pada sebuah ruangan yang didekor ulang. Atur pencahayaan dengan melihat tipologi ruangan, seperti apakah ruangan tersebut memiliki cukup cahaya dari luar, apa fungsi ruangan tersebut, dan seberapa sering ruangan tersebut digunakan. Memasang pengatur volume cahaya juga dapat membantu agar lebih fleksibel.

Display
Set ulang display pada ruangan yang sudah terlihat membosankan. Terutama pada ruangan sentral yang seringkali digunakan. Terutama ruang tamu karena ruang tamu sebagai first impression bagi seluruh ruangan di rumah. Anda bisa set ulang tata letak furnitur maupun aksesoris. Buatlah titik fokus agar dekorasi terkonsep dengan baik dan rapih.

Baca juga artikel lainnya tentang desain rumah :