5 Tips Mengatur Furniture Di Ruang Tamu

tips menata furnitur ruang tamu

5 Tips Mengatur Furniture Di Ruang Tamu

regusrl.com – Ruang tamu memiliki tujuan yang berbeda untuk sebagian orang. Di beberapa rumah, ruang tersebut berfungsi sebagai tempat berkumpul, sementara yang lainnya hanya digunakan layaknya ruang pameran yang hanya digunakan untuk menjamu klien (tamu). Kendati demikian, ada beberapa kendala yang selalu muncul saat Anda mencoba untuk mengatur furniture ruang tamu. Simak beberapa tips mengatur furniture di ruang tamu berikut yang bisa digunakan.

1. Aturan Dasar
Ada beberapa hal penting yang patut diingat ketika mengatur furnitur ruang tamu. Menetapkan titik utama ruangan dan mengatur furniture di sekitarnya. Di beberapa kamar, titik fokus bisa saja ditujukan pada beberapa fitur yang sudah ada seperti perapian atau jendela, dan atau mungkin juga berupa sesuatu yang Anda bawa ke dalam kamar seperti televisi.

2. Gunakan furniture untuk menghasilkan conversation area.
Orang harus dapat berbicara dengan nyaman antara satu sama lain, tanpa harus berteriak dan membuat mereka lelah. Jika Anda memiliki ruangan yang sangat besar, sangat disarankan untuk membuat beberapa conversation area yang berbeda. Hal ini dapat dilakukan dengan meletakkan beberapa meja dengan beserta kursinya jika memang ruangan yang Anda miliki cukup besar.

3. Jangan lupa untuk mempermudah orang berlalu lalang.
Siapkan ruang yang cukup agar orang (tamu) masih bisa berlalu lalang dengan leluasa sehingga mereka bisa bebas bergerak menuju ruangan lainnya. Penempatan furniture yang salah dapat membuat ruangan Anda yang seharusnya luas terasa sempit, bahkan jika Anda salah dalam melakukan penempatan bisa jadi tidak tersisa lagi ruang untuk jalan.

4. Jauhkan furniture dari dinding.
Biasanya orang kerap melakukan kesalahan saat menata ruang tamu dengan menaruh furniture dekat dengan dinding. Jika Anda memposisikan furniture lebih dekat maka bakal menciptakan suasana yang lebih intim.

5. Ukuran dan Penempatan Furniture
Sofa dan Kursi – Ini adalah perangkat berdimensi paling besar yang ada di dalam ruangan. Jadi, sangat penting untuk mengukur besar ruangan sebelum mengadopsi mereka di dalam ruang bahkan sebelum membeli sofa atau kursi. Anda pasti tidak ingin perangkat tersebut terlalu besar atau terlalu kecil, jadi lebih baik jika Anda membuat rencana sebelum membelinya.

Baca juga artikel lainnya tentang desain rumah :