5 Tips Menghadirkan Sunroom di Rumah Anda

desain sunroom

5 Tips Mudah Menghadirkan Sunroom di Rumah Anda 

regusrl.com – Menghadirkan sunroom dirumah memang menarik. Terlebih bagi Anda yang tinggal di negara tropis. Sunroom membuat Anda seolah-olah berada di ruangan outdoor meskipun kenyataannya tidak. Sunroom juga sangat cocok untuk dijadikan ruang santai sekeluarga. Apalagi saat cuaca cerah. Berikut beberapa tips menghadirkan Sunroom di rumah Anda.

1. Basic of Sunroom
Hal mendasar yang perlu diperhatikan adalah cat. Untuk ruangan sunroom, warna yang paling cocok adalah warna-warna terang seperti kuning atau putih. Namun jangan takut untuk lebih berani dengan berkreasi menggunakan warna cerah lain seperti toska, pink cerah, oranye.

2. Furnitur
Memilih furnitur untuk sunroom tidaklah sulit, namun memang memerlukan perhatian khusus. Tempatkan furnitur yang menggunakan material kuat seperti kayu jati, besi atau alumunium. Karena memang sunroom akan banyak terpapar matahari. Anda pun bisa mengaplikasikan karpet bernuansa alami untuk menambah kenyaman. Jangan lupa, letakan furnitur ini dengan posisi memusat. Hal itu akan menambah keakraban ruangan.

3. Jendela
Salah satu ciri dari sunroom adalah adanya memiliki jendela banyak dan besar. Karena ide utama sunroom ini adalah maksimalisasi cahaya alami yang masuk. Oleh karena itu perawatan jendela merupakan hal penting yang harus dilakukan. Selain itu, aplikasi kaca yang terbuka mungkin sedikit mengambil ruang privasi Anda. Oleh karena itu, gunakan tirai dengan bahan ringan seperti sutra untuk menjaga privasi.

4. Pencahayaan
Ide sunroom adalah bagaimana mendapatkan cahaya alami dari luar untuk menerangi ruangan. Tapi bukan berarti Anda tidak perlu cahaya. Pencahayaan tetap diperlukan namun tidak berlebihan. Lebih kepada fungsinya menerangi ruangan pada malam hari.

5. Aksesoris
Untuk melengkapi sekaligus mempercantik ruangan anda, berikan sentuhan aksesoris seperti bantal, pernik tirai serta beberapa tanaman hias. Lebih baik lagi jika tanaman hias tadi asli bukan imitasi atau tiruan. Coba taruh beberapa tanaman lavender. Sekaligus mempercantik ruangan lavender juga menghasilkan aroma yang membuat sunroom anda semakin alami. Tapi perlu diingat jangan terlalu berlebihan karena justru akan membuat ruangan berantakan.

Memiliki sunroom di rumah memang menyenangkan, Anda bisa bersantai menikmati indahnya pesona tropis. Tapi juga perlu diperhatikan fungsinya sebelum memutuskan untuk membuatnya. Apabila hanya untuk sekedar duduk santai, Anda bisa melakukannya di ruang keluarga atau di taman rumah.

Baca juga artikel lainnya tentang desain rumah :